Mengenai Saya

Foto Saya
Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Selamat datang di dunia pendidikan,, karena belajar itu indah

Minggu, 22 Januari 2012

Percobaan Asam-Basa Kimia SMP kls VII

Pengujian Larutan dengan Kertas Lakmus dan Larutan Indikator Asam-Basa

Standar kompetensi    : SK 2 Memahami klasifikasi zat
Kompetensi dasar    : KD 2.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
Indikator        :
    Dapat menjelaskan definisi asam  beserta contoh
    Dapat menjelaskan definisi basa  beserta contoh
    Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasar konsep asam, basa dan garam
    Menyebutkan macam-macam indikator asam-basa

Tujuan        :
    Untuk mengetahui apakah suatu bahan termasuk bersifat asam, basa, atau netral
    Untuk mengetahui definisi asam dan basa beserta contohnya
    Untuk mengetahui bermacam-macam indikator asam-basa

1.  Materi :
Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal benda dari identitas atau sifatnya. Bagaimana cara mengidentifikasi sifat asam, basa dan garam? Sifat suatu larutan dapat ditunjukkan dengan menggunakan indikator asam-basa, yaitu zat-zat warna yang warnanya berbeda dalam larutan asam, basa dan garam. Cara penentuan senyawa bersifat asam, basa atau netral dapat menggunakan kertas lakmus, larutan indikator atau indikator alami.

2. Alat dan Bahan :
• Plat tetes             • Larutan gula
• Pipet tetes         • Larutan asam klorida
• Tusuk gigi         • Larutan natrium hidroksida
• Air suling         • Larutan asam klorida
• Larutan cuka         • Larutan natrium klorida
• Air kapur             • Kertas lakmus
• Air jeruk             • Indikator Metil Merah
• Air sabun             • Indikator Fenolftalin
• Air abu             • Indikator Metil Jingga
• Alkohol             • Indikator Bromtimol biru

3. Cara Kerja :
1. Gunting masing-masing kertas lakmus merah dan biru sekitar 1 cm dan taruhlah pada lekukan plat tetes, lalu teteskan air suling. Amati apakah terjadi perubahan pada kertas lakmus. Catat pengamatanmu. Dengan cara yang sama, ujilah larutan-larutan lain yang tersedia.
2. Siapkan plat tetes yang bersih. Beri tanda A1 sampai A4 untuk lekukan 1–4, B1–B4 untuk lekukan 5–8, dan C1–C4 untuk lekukan 9–12. Dengan menggunakan pipet tetes, masukkan 5 tetes larutan cuka ke dalam lekukan A1–A4, air kapur ke dalam lekukan B1–B4, dan air suling ke dalam lekukan C1–C4.
3. Tambahkan 2 tetes larutan fenolftalein ke dalam lekukan A1, B1 dan C1; 2 tetes larutan metil merah ke dalam lekukan A2, B2 dan C2; 2 tetes larutan metil jingga ke dalam A3, B3, dan C3; dan 2 tetes larutan bromtimol biru ke dalam A4, B4, dan C4. Catat pengamatanmu.
4. Dengan cara yang sama dengan langkah 2 dan 3, uji larutan-larutan yang lain dan catat hasil pengamatanmu ke dalam tabel.

4. Tabel Pengamatan
No    Nama Bahan    Sifat Bahan
        Asam    Basa    Netral
1    Larutan cuka          
2    Air kapur          
3    Air suling          
4    Air sabun          
5    Air abu          
6    Air jeruk          
7    Alkohol          
8    Larutan gula          
9    Larutan asam klorida          
10    Larutan natrium hidroksida          
11    Larutan natrium klorida          

5. Evaluasi

1. Bahan apa saja yang termasuk bersifat asam, basa, atau netral ?
2. Apa yang dapat kamu simpulkan tentang asam, basa dan garam berdasarkan hasil percobaan?
3. Bila suatu larutan diuji dengan kertas lakmus merah, warnanya tetap merah. Apakah dapat disimpulkan bahwa larutan itu bersifat asam? Jelaskan jawabanmu.



Alokasi waktu     : 2 x 40 menit
Keefektifan     : Jumlah siswa dalam kelas adalah 35 orang dan dibagi dalam beberapa kelompok dengan 5 orang setiap kelompok
Kepraktisan     : Bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan, mudah digunakan dan tidak berbahaya. Bahan-bahan kimia yang bersifat asam, basa, dan netral mudah ditemukan di lingkungan tempat tinggal sehari-hari.
Alternative    : Larutan cuka atau air jeruk dapat diganti dengan buah-buahan lain yang bersifat asam.
Tabel Penilaian
LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF
Nama:...............
No.    Aspek sikap    Skala sikap
        1    2    3    4    5
Karakter                  
1    Logis                  
    Berpendapat yang didasari argument , Membuat hubungan sebab akibat , Aktivitas yang dilakukan memiliki tujuan yang jelas                  
2    Berpikir kreatif                  
    Melakukan tindakan yang bersifat analisis , Melakukan tindakan yang bersifat sintesis , Mampu menentukan pilihan yang dianggap paling baik , Mampu menciptakan alternatif yang lebih baik                  
3    Jujur                  
    Melakukan kegiatan (mengamati, mencatat, menyimpulkan- keterampilan proses) dengan obyektif , Berargumen secara obyektif                  
4    Bekerja teliti                  
    Dalam melaksanakan praktikum hendaknya harus lebih teliti lagi                  
5    Cekatan                   
    Dalam melaksanakan praktikum hendaknya lebih cekatan agar cepat terselesaikan                  
6    Ulet                   
    Senantiasa bersikap ulet agar masalah dalam praktikum cepat terselesaikan                  
7    Bertanggung jawab                  
    Bertanggung jawab saat melaksanakan praktikum serta saat membuat laporan                  
8    Peduli                  
    Peduli saat teman sedang mempresentasikan hasil praktiukum yang sudah diperoleh                  
9    Berperilaku santun                  
    Bersikap santun saat praktikum serta diskusi berlangsung                  
Keterampilan Sosial                  
1    Bekerjasama,                   
    Bekerjasama sesame anggota kelompok saat praktikum berlangsung                  
2    Menyampaikan pendapat,                  
    Menyampaikan pendapat saat anggota kelompok lain mempresentasikan hasil praktikumnya                  
3    Menjadi pendengar yang baik,                  
    Menjadi pendengar yang baik saat diskusi sedang berlangsung                  
4    Menanggapi pendapat orang lain                  
    Menanggapi pendapat dari teman yang lain saat sedang berdiskusi                  
Keterangan :  
1 = sangat kurang    4 = baik
2 = kurang    5 = sangat baik
3 = cukup  








LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTORIK
Lembar Penilaian Kinerja
No    Nama Siswa    Tugas    Kerja Ilmiah    Diskusi
        1    2    3    4    5    1    2    3    4    5    1    2    3    4    5
1                                                               
2                                                              
3                                                              
4                                                              
5                                                              
6                                                              
7                                                              
8                                                              
9                                                              
10                                                              
Lembar Penilaian Diskusi dan Presentasi
No    Nama Siswa    Tugas    Kerja Ilmiah    Diskusi
        1    2    3    4    5    1    2    3    4    5    1    2    3    4    5
1                                                              
2                                                              
3                                                              
4                                                              
5                                                              
6                                                              
7                                                              
8                                                              
9                                                              
10                                                              
Keterangan :  
1 = sangat kurang    4 = baik
2 = kurang    5 = sangat baik
3 = cukup  





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar